Apa Sih Windows 8 dan Windows RT itu ? dan Apa Perbedaannya ?

adminPosted by Joshua Karsten Lombogia dateSaturday, November 3, 2012

Dengan diluncurkannya Windows 8 dan berbagai perangkat pendukungnya pada 26 Oktober kemarin, Anda pasti ingin mengetahui perbedaan antara beberapa versi yang ditawarkan oleh Windows 8 sebelum memutuskan membeli sebuah perangkat keras (mis: PC atau Tablet) ataukah hanya membeli paket upgradenya. Beberapa bulan lalu Microsoft mengumumkan pada para calon konsumennya bahwa sistem operasi Windows 8 akan memiliki tiga versi : Windows 8, Windows 8 Pro, dan Windows RT. Meskipun ada beberapa variasi kecil antara Windows 8 dan Windows 8 Pro, perbedaan terbesar yang ada pada Windows 8 dan Windows 8 Pro (yang memiliki Start Screen dengan  fitur lengkap dan desktop environment-nya) dengan Windows RT yang merupakan mobile environment hanyalah aplikasi Windows Store dan built-in software.

Hal ini bukanlah perbedaan penampilan saja, sebab Windows 8 dan Windows RT terlihat hampir identik, dengan user interface tile-based Start Screen dan tersedianya modus desktop. Tetapi perbedaan mendasar dari keduanya memiliki dampak yang signifikan pada bagaimana Anda dapat menggunakan device Anda - Windows RT operating system yang difokuskan pada tablet dan perangkat mobile, sedangkan Windows 8 adalah sistem operasi untuk PC yang memiliki fitur lengkap. Keduanya terlihat sama namun mempunyai perilaku yang sama sekali beda, yang jelas, masih menyisakan kebingungan.

Lebih sederhananya, Windows 8 adalah versi standarnya, sementara Windows 8 Pro memiliki fitur yang lebih baik bagi pengguna tingkat lanjut, sedangkan Windows 8 RT (singkatan dari "Runtime") benar-benar baru dan sama sekali berbeda.

Yang manakah yang ingin anda miliki pada PC Anda, Windows 8 tablet seperti Microsoft Surface ataukah PC Windows yang sudah Anda miliki saat ini? Mari kita bahas satu persatu.

Sebenarnya, Apa Sih Windows 8 dan Windows RT itu ? dan Apa Perbedaannya ?
Courtesy of www.wired.co.uk

Release date:
Windows 8 dirilis pada tanggal 26 Oktober 2012, sedangkan Windows RT akan hadir pada bulan November.

Upgrading
Anda tidak dapat meng-upgrade ke Windows RT dari opering system yang manapun, karena Windows RT adalah Windows yang betul-betul baru bagi  platform yang sebelumnya tidak didukung. Jika Anda saat ini sedang memakai Windows 7, Anda akan dapat meng-upgrade ke Windows 8 secara normal, dari Starter, Home Basic atau Home Premium, tetapi Anda harus melakukan clean-installation jika Anda pengguna Windows 7 Ultimate atau Profesional. Jika menginginkan Windows 8 Pro, Anda dapat meng-upgrade dari versi Windows 7. Seperti biasa, 32-bit instalasi hanya dapat diupgrade ke versi 32-bit, begitu pula untuk yang 64-bit, hanya bisa di-upgrade ke versi 64-bit.

Harga
- Windows 8: Windows 8 dan Windows 8 Pro akan tersedia dan dijual secara terpisah sebagai upgrade mandiri. Bisa didapatkan di toko-toko retail atau di toko online.
- Windows RT: harga Windows RT secara teknis tidak ternilai, karena Anda tidak akan dapat membeli paket upgrade untuk Windows RT. OS ini hanya akan tersedia bagi para produsen perangkat keras, seperti tablet atau smartphone, dan produk-produk lain dari mitra OEM Microsoft. Perangkat-perangkat berbasis Windows RT diharapkan lebih murah daripada perngkat keras yang berbasis Windows 8.

Perangkat keras
Perbedaan paling penting di antara keduanya adalah bahwa Windows 8 hanya akan berjalan pada perangkat keras berbasis x86, baik yang didukung oleh chip Intel ataupun AMD. Sementara Windows RT hanya akan berjalan pada perangkat yang didukung prosesor ARM.

Baterai
- Windows 8: Perangkat keras berplatform Windows 8 cenderung memiliki ketahanan penggunaan baterai antara 6 dan 8 jam.
- Windows RT: Perangkat-perangkat keras berplatform Windows RT menjanjikan ketahanan baterai lebih lama daripada kebanyakan perangkat Windows 8. Microsoft mengatakan bahwa Surface RT akan memiliki "all-day battery life", atau sekitar 8 dan 13 jam.

Antarmuka
- Windows 8: Fitur Start Screen lengkap dan adanya desktop mode.
- Windows RT: Pada pandangan pertama, Windows RT memiliki antarmuka yang sama dengan Windows 8. Tapi seandainya Windows RT memiliki modus desktop, fitur yang ada bisa dikatakan jauh dari lengkap. Bahkan, Anda tidak akan dapat menjalankan software pihak ketiga pada desktop Windows RT, bahkan web browser seperti Firefox atau Chrome.

Dukungan software
- Windows 8: Windows 8 akan dapat menjalankan semua perangkat lunak dari Windows Store dan software-software dari pihak ketiga yang mungkin sudah pernah anda gunakan pada Windows versi sebelumnya.
- Windows RT: Windows RT hanya mendukung aplikasi dari Windows Store dan versi built-in dari Office 2013. Ini berarti Anda tidak akan dapat mendownload software apapun dari web yang dibuat untuk perangkat desktop. Tidak ada browser pihak ketiga, tidak ada game dari pihak ketiga, dan tidak apapun dari pembuat software pihak ketiga.

Kompatibilitas
Soal kompatibilitas, ada perbedaan besar di sini : Windows RT dilengkapi dengan Office yang sudah  terinstall, sementara Windows 8 / 8 Pro tidak. Namun, Windows 8/Pro kompatibel dengan program-program Windows yang sudah ada sementara Windows RT tidak. Aplikasi-aplikasi Windows RT harus menggunakan interface Metro, meskipun program-program Windows 8 dapat menggunakan desktop Windows tradisional juga.
Windows RT juga membatasi API (Application Programming Interfaces) apa saja yang bisa digunakan oleh para pengembang aplikasi, terutama untuk web browser. Jadi, tampaknya hanya Internet Explorer yang dapat melakukan banyak peningkatan kinerja fungsi-fungsi vital dari komputasi tingkat lanjut untuk browser modern dalam hal kecepatan, stabilitas, dan keamanan.

Fitur
Seperti yang anda perkirakan, Windows RT tidak memiliki semua yang bisa anda temukan pada Windows 8. Tidak ada Windows Media Player atau ruang penyimpanan, tidak ada pengenkripsian Bitlocker (meskipun Windows RT menawarkan sistem enkripsi), tidak ada pengaturan Group Policy atau domain support, dan Remote Desktop hanya dapat bekerja pada modus klien.

Ternyata, perbedaan-perbadaan tersebut tidak sedramatis seperti yang kita bayangkan sebelumnya. Tapi bagaimanapun, Windows RT dan Windows 8 keduanya mendapatkan dukungan multi-language, IE 10, Xbox Live, Windows Defender, Exchange ActiveSync, Windows Play To streaming dan Virtual Private Networking.


Sumber

Related Post:

0 comments

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))

Post a Comment