Google Chrome Sudah Bisa Diperintah Pakai Suara

adminPosted by Joshua Karsten Lombogia dateWednesday, February 27, 2013



Fitur perintah suara saat ini mulai banyak dijumpai di perangkat smartphone. Seakan tak mau ketinggalan, Google pun menambahkan fitur perintah suara tersebut ke dalam browser Chrome andalannya.

Browser Google Chrome kini dapat diperintah melalui suara. Fitur ini bisa dijumpai pada Chrome versi 25.0.1364.97. Dalam demo yang ditunjukkan Google, pengguna Chrome dapat mendikte pesan e-mail langsung melalui suara, tanpa perlu repot lagi mengetik.

Caranya sangat mudah. Cukup klik ikon mikrofon dan mulailah berbicara. Kata-kata yang Anda sebutkan akan muncul dalam kotak teks. Klik ikon mikrofon lagi ketika Anda sudah selesai.

Mengutip dari Cnet, Rabu (27/2/2013), tingkat akurasinya pun cukup tinggi, hanya ada beberapa kesalahan ketik. Namun satu-satunya masalah adalah belum ada cara untuk memperbaiki kesalahan ketik itu.

Lebih lanjut disebutkan, Chrome untuk Windows juga dirancang lebih aman dengan adanya fitur disables silent extension installs. Dengan adanya fitur ini, setiap ekstensi akan membutuhkan persetujuan dari pengguna browser sebelum diinstal.

Pengguna Chrome dapat meng-upgrade browser mereka langsung ke versi 25 dengan memilih option "About Google Chrome" pada menu utama browser. Namun bagi pengguna baru, silakan men-download versi lengkapnya dari situs Google Chrome.

"Versi Chrome yang lebih stabil yang mendukung Web Speech API sudah dirilis. Ini bisa dimanfaatkan oleh developer untuk mengintegrasikan suara ke aplikasi mereka," kata Glen Shires, Software Engineer and Speech Specialist Google dalam sebuah postingan di blog Google Chrome.

Meski fungsinya masih sangat terbatas, namun Google yakin fitur ini akan lebih bermanfaat apalagi web developer Google saat ini dibebaskan untuk mengembangkannya. 



Related Post:

0 comments

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))

Post a Comment